Latihan Fisioterapi Pasca Stroke, Fisioterapi Stroke Murah

Penyakit Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tanpa darah atau dengan tersumbatnya aliran darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada area otak yang terdampak akan segera mati.

Stroke merupakan keadaan darurat medis karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Matinya sel otak menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak akan mengalami kelumpuhan dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Dengan segera melakukan Fisioterapi Stroke, akan membantu mengambalikan fungsi dan keseimbangan gerak pada penderita stroke.

Pengertian Fisioterapi Stroke

Fisioterapi Stroke adalah proses merangsang neuroplastisitas pada otak sehingga otak dapat mengembalikan kemampuan yang rusak akibat stroke. Mulai dari gerakan, koordinasi hingga keseimbangan tubuh.

Pengertian Neuroplastisitas adalah proses otak untuk dapat mengatur ulang diri sendiri dengan meminta sel-sel otak lain yang masih sehat untuk mengambil alih kerja sel-sel otak yang rusak akibat stroke.

Terapi Latihan Apa Yang Cocok Bagi Penderita Stroke?

Secara umum penderita stroke yang menjalani fisioterapi  akan dilatih untuk mengembalikan fungsi dan keseimbangan gerapk pada tubuhnya, Tidak menutup kemungkinan Stroke yang dialami akan berangsur membaik, salah satu latihan yang dilakukan adalah dengan melakukan senam ringan. Tipe latihan ini akan membantu pasien untuk melatih daya geraknya.

Senam

Dengan melakukan senam, pasien akan meningkatkan kebugaran sistem kardiovaskuler, kemampuan berjalan, kekuatan lengan atas, dan meningkatkan fungsi kognitif, memori, serta kualitas hidup setelah stroke. Hal ini adalah salah satu bagian latihan dari proses fisioterapi stroke yang diberikan pada pasien stroke. Walaupun hasilnya tidak dapat Anda rasakan secara instan, manfaat olahraga ini cukup signifikan bagi kualitas hidup penderita stroke.

Senam Aerobik

Jenis latihan fisioterapi stroke lain yang dapat dilakukan pasien adalah dengan melakukan senam aerobik. Dengan melakukan senam aerobik pasien akan diarahkan untuk melatih sistem penafasan dan merangsang detak pada jantung yang juga bertujuan untuk memaksimalkan proses neuroplastisitas pada otak.

Senam Lansia

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan penderita stroke dialami oleh orang lansia dimana faktor kesehatan sudah mulai menurun karena faktor usia. oleh sebab itu, sedini mungkin banyak melakukan aktifitas senam kebugaran, aerobik dan yang lainnya guna menjaga kesehatan. senam pada lansia sangat bermanfaat untuk mencegah stroke, hal ini juga termasuk bagian latihan dari fisioterapi stroke.

Gerakan fisioterapi stroke untuk senam lansia tidak bebeda dengan gerakan senam pada umumnya yang meliputi peregangan (untuk melatih intensitas otot agar tidak kaku dan menghindari terjadinya kram). dan gerakan-gerakan senam aerobik (melatih sistem pernafasan dan merangsang denyut jantung).

Senam Stroke

Pada masa-masa awal stroke (setelah kondisi membaik) sangat dianjurkan untuk konsisten melakukan gerakan senam. Senam Pasca Stroke adalah  salah satu bagian latihan dari fisioterapi Stroke. Hal ini sangat berpengaruh untuk kemajuan progress restorasi gerak tubuh dan fungsi otak bagi pasien fisioterapi stroke.

Hal yang paling sederhana adalah dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti latihan menggerakan jari jemari dengan cara melakukan gerakan meremat kertas, latihan berdiri dari posisi duduk, gerakan yang dilakukan dalam posisi telentang, dan gerakan-gerakan untuk melatih kekuatan lutut, perut dan punggung,

Fisioterapi Stroke

Pada dasarnya fisioterapi stroke adalah gerakan  latihan latihan ringan dari senam kebugaran, aerobik dan peregangan. Sedangkan Fisioterapi Stroke juga dilakukan berdasarkan hasil diagnosa dan analisa dari tingkat stroke yang diderita oleh pasien. Adapun tujuan dari Fisioterapi Stroke adalah sebagai berikut :

  • Mengimbangi kemampuan yang hilang karena kerusakan pada otak;
  • Membantu mempelajari gerakan-gerakan dasar, misalnya bangun dari tempat tidur dan berjalan;
  • Latihan khusus untuk memperkuat otot-otot yang lemah serta meningkatkan keseimbangan;
  • Mengajarkan cara baru untuk melakukan aktivitas sehari-hari; dan
  • Mengajarkan cara menggunakan alat-alat yang mungkin diperluka.

Apakah Stroke Bisa Sembuh Dengan FIsioterapi ?

Pasien yang mengalami stroke, umumnya akan mengalami keadaan dimana tubuh sulit bergerak sehingga aktivitas seperti berjalan, berpakaian, atau makan perlu dibantu. Dengan menjalankan fisioterapi stroke, Kemampuan tubuh untuk bergerak aktif akan kembali.

Jika anda bertanya apakah stroke bisa disembuhkan dengan fisioterapi stroke ? Jawabanya adalah bisa, tetapi prosesnya akan membutuhkan waktu bergantung dengan konsistensi pada pasien dan keluarga pasien untuk terus melakukan latihan yang diberikan.

Fisioterapi stroke akan membantu penderita penyakit stoke menemukan masalah pada tubuhnya sekaligus mencegah komplikasi yang mungkin terjadi seperti ketidakseimbangan kerja otot.

Kapan Pasien Stroke Dapat Melakukan Fisioterapi

Waktu yang paling tepat untuk segara memulai fisioterapi stroke adalah 24-48 jam dengan catatan kondisi umum pasien sudah lebih stabil, dan golden periodenya waktu awal pemulihan fungsional gerak nya adalah 3-6 bulan setelah terjadinya serangan.

Dari 24 Jam setelah terjadi stroke, pasien disarankan untuk dibantu melatih untuk duduk, bangun, bahkan belajar berdiri sebisa mungkin. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan alat gerak tangan dan kaki. Dalam periode tersebut, terapis fisioterapi stroke akan membantu penderita untuk dapat melakukan kembali aktifitas secara mandiri.

Jenis Fisioterapi Yang Direkomendasikan

Untuk menentukan metode atau jenis Fisioterapi yang cocok pada stroke dibutuhkan evaluasi terlebih dahulu terkait kondisi pasien untuk membuat rencana fisioterapi stroke yang tepat pada pasien. Metode  yang akan diberikan tergantung dari tingkat kerusakan sel pada otak pasien, seberapa parahkah stroke yang dialami pada pasien.

Adapun target yang diharapkan setelah pasien mendapatkan bantuan fisioterapi stroke, diantaranya:

  • Untuk Membiasakan pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari;
  • Kemudian untuk Melatih kemampuan fisik pasien; dan
  • Mendapatkan dukungan sosial dan emosional.

Fisioterapi Stroke

Fisioterapi stroke bertujuan untuk membantu pemulihan kemampuan fungsional serta postur tubuh pasien stroke untuk dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Pasien fisioterapi stroke yang membutuhkan fisioterapi umumnya merupakan stroke akut yang kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hati secara mandiri.

Beberapa metode yang akan dilakukan pada fisioterapi stroke untuk terapi kesembuhan pasien stroke, antara lain :

  • Gerakan khusus
    Gerakan khusus yang dilakukan oleh pasien stroke dapat melatih otot yang kaku dengan melakukan gerakan yang ringan.
  • Latihan berjalan
    Latihan berjalan dilakukan pasien stroke dengan menapakkan tumit kaki disertai ayunan tangan dengan pandangan lurus ke depan.
  • Terapi Infrared
    Fisioterapis akan memberikan sinar kepada pasien fisioterapi stroke dengan menggunakan infrared untuk memancarkan sinar panas pada tubuh yang akan diterapi. Pada terapi infrared, dosis yang diberikan berbeda-beda tergantung kondisi pasien fisioterapi stroke dan hasil diagnosis fisioterapis.
  • Terapi Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS)
    Terapi TENS dilakukan oleh fisioterapis dengan menggunakan energi listrik bertujuan untuk mengurangi nyeri dengan merangsang saraf sensoris melalui permukaan kulit pada pasien fisioterapi stroke.

Fisioterapi Untuk Saraf Kejepit

Saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus (HNP) adalah penyakit yang terjadi saat bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. Beberapa metode fisioterapi yang dilakukan untuk saraf kejepit diantaranya adalah :

  1. Program Pelatihan
    Program pelatihan dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, senam atau olahraga, dan peregangan otot.
  2. Teknik Elektroterapi
    Teknik elektroterapi dilakukan dengan bantuan aliran listrik. Jenisnya sendiri dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
    – Terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN).
    – Terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS).
    – Metode PENS yang menggabungkan teknik akupuntur dan terapi listrik.
  3. Fisioterapi Manual
    Fisioterapi manual dilakukan dengan memijat, latihan peregangan, serta mobilisasi sendi. Langkah ini bertujuan untuk membantu relaksasi, mengurangi nyeri, serta meningkatkan fleksibilitas anggota gerak tubuh yang mengalami saraf kejepit.
  4. Terapi Okupasi
    Terapi okupasi disebut juga dengan occupational therapy. Tujuannya adalah membantu seseorang yang memiliki keterbatasan fisik, sensorik, atau kognitif agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

Bolehkan Penderita Stroke Di Pijat ?

Jika ada pertanyaan, apakah penderita stroke boleh dipijat? Jawabannya adalah boleh. Bukan tidak diperbolehkan atau dilarang. Melainkan, terapi pijat yang dilakukan untuk penderita stroke hanya boleh dipertimbangkan setelah berkonsultasi dengan atau mendapatkan suatu rekomendasi dari dokter dan atau tim fisioterapi stroke yang biasanya menangani pasien.

Namun biasanya professional massage / terpis fisioterapi stroke akan memberikan informasi terkait teknik pijat yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk pasien fisioterapi stroke karena biasanya terkait dengan berbagai jenis stroke, teknik pemijatan yang bisa dilakukan pun berbeda – beda.

Tempat Fisioterapi Jakarta Selatan Untuk Stroke

Ada banyak tempat atau klinik fisioterapi di Jakarta Selatan yang dapat di temui, Berbagai sarana dan Fasilitas pelayanan kesehatan juga telah disediakan oleh klinik dan rumah sakit terkait fisioterapi stroke. Namun kami rekomendasikan salah satu klinik fisioterapi yang dapat menangani fisioterapi stroke di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Klinik ini adalah SilveryWellness Health & center. Klinik ini memiliki program pemulihan yang bagus untuk pasien fisioterapi stroke.

SilveryWellness

Klinik SilveryWellness & Health Center merupakan pusat layanan fisioterapi yang didirikan oleh perusahaan swasta berbadan hukum yang bernama PT Adhi Bakti Luhur pada 28 November 2018 dan berlokasi di Jalan Kemang Selatan I No 16 A, Jakarta Selatan.

Klinik ini juga telah memiliki berbagai fasilitas fisioterapidan sarana penunjang kesehatan untuk pemulihan bagi pasien fisioterapi stroke. Tidak hanya itu, Klinik SilveryWellness & Health Center juga memiki terapis yang sudah berpengalaman menangani berbagai macam keluhan yang membutuhkan fisioterapi.

Layanan Fisioterapi SilveryWellness

Sebagai pusat layanan kesehatan, SilveryWellness and Health Centre menyediakan berbagai pelayanan komprehensif untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Berbagai pelayanan yang telah disediakan oleh Klinik SilveryWellness Health & Center terkait penanganan fisioterapi stroke dapat anda lihat pada link hompage berikut :

Fisioterapi Tulang Belakang

Fisioterapi tulang belakang kadang menjadi terapi pendukung saat pasien mengeluhkan nyeri pada tulang belakang, misalnya punggung dan/atau pinggang.Fisioterapi tulang belakang mencakup berbagai gerakan atau latihan yang diperlukan untuk membantu merehabilitasi tulang belakang dan juga membantu mengurangi nyeri. Biasanya program latihan dalam fisioterapi dilakukan secara bertahap dan terkontrol dan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Penderita yang merasakan nyeri pada tulang belakang, biasanya akan melakukan istirahat, baik berbaring di tempat tidur maupun menghentikan aktivitas berat. Namun beristirahat terlalu lama sebenarnya dapat memengaruhi proses pemulihan dan kemungkinan berpotensi memburuknya rasa nyeri. Jika Anda melakukan latihan fisik ini secara progresif dan terkontrol, maka akan bermanfaat untuk membantu:

  • Memperkuat otot yang menopang atau menyangga tulang belakang sehingga dapat mengurangi beban pada bantalan tulang dan sendi facet.Mengurangi kekakuan otot.
  • Meningkatkan mobilitas.
  • Meningkatkan sirkulasi atau peredaran darah agar dapat mendistribusikan nutrisi dengan lebih baik ke seluruh tubuh, termasuk ke bantalan tulang belakang.
  • Melepaskan endorfin, yang secara alami dapat meredakan nyeri dan membantu mengurangi ketergantungan pada obat pereda nyeri. Endorfin juga dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan gejala depresi, efek umum dari nyeri kronis.
  • Meminimalkan frekuensi episode nyeri punggung atau leher, dan mengurangi keparahan nyeri.

Latihan yang konsisten dan seimbang harus meliputi kombinasi peregangan dan penguatan, serta latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung. Tapi semua hal ini harus berdasarkan anjuran dokter setelah melakukan pemeriksaan fisik atas keluhan nyeri Anda.

Fisioterapi Tulang Ekor

Nyeri pada tulang ekor akibat cedera biasanya akan menghilang dalam waktu beberapa bulan setelahnya. Jika sudah menahun, ini disebut chronic coccydynia. Pada kasus seperti ini, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti MRI dan diagnosa untuk menentukan apakah terdapat patahan tulang, tumor atau hal lain yang menimbulkan nyeri.

Terapi-terapi yang dapat mengurangi keluhan nyeri kronis pada tulang ekor adalah sebagai berikut:

  • Fisioterapi yang tertuju pada teknik relaksasi tulang dasar panggul, seperti menarik nafas dalam dan melemaskan otot-otot dasar panggul, seperti ketika Anda berkemih atau BAB.
  • Memijat otot-otot yang menempel pada tulang ekor melalui rektum (lubang anus) –> dilakukan oleh fisioterapis.
  • Obat-obatan seperti injeksi anestesi lokal untuk mengurangi nyeri selama beberapa minggu.
  • Pembedahan (coccygectomy), yaitu memotong tulang ekor. Terapi ini dipilih hanya jika terapi lain tidak dapat mengurangi keluhan.

Alat Fisioterapi Tulang Belakang

Untuk penggunaan alat bantu untuk penunjang fisioterapi tulang belakang yang paling umum dan mudah digunakan adalah penggunaan korset fisioterapi tulang belakang. Alat ini bermanfaat untuk menyangga atau menopang tulang belakang dari perubahan bentuknya. Kemudian manfaat lain yang sangat penting adalah dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat cedera pada tulang belakang.

Fisioterapi Saraf Kejepit

Penderita yang mengalami kondisi ini akan mengalami sejumlah gejala, seperti nyeri leher, sakit punggung atas dan/atau sakit pinggang. Keluhan ini akan uncul bergantung dengan lokasi terjadinya saraf kejepit.

Dalam kasus ringan, kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika sampai berbulan-bulan, maka perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas harian. Hal yang paling direkomendasikan adalah segera datang ke klinik fisioterpai untuk mendapatkan pelatihan dan penanganan secara intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.