Apa itu Terapi Ultrasound Secara Umum dan Manfaatnya

Terapi Ultrasound dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk menanggulangi masalah cedera atau nyeri pada otot yang memerlukan tindakan dalam Fisioterapi. Terapi Ultrasound juga merupakan salah satu pilihan dalam terapi fisik untuk membantu mengatasi nyeri dan memperbaiki kerja atau fungsi sendi yang mungkin disebabkan oleh pengapuran sendi (Osteo Artritis/OA).

Tidak Jarang dan sudah banyak klinik dan rumah sakit yang memiliki fasilitas terapi ultrasound saat ini. untuk mengenal lebih jauh tentang terapi ultrasound, maka sebelumnya kita akan mencoba membahas ulasan seputar terapi ultrasound.

Apa Itu Terapi Ultrasound ?

Terapi ultrasound adalah metode pengobatan yang menggunakan teknologi gelombang suara untuk merangsang jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Walaupun telah lama digunakan di bidang kedokteran untuk berbagai tujuan, teknologi ultrasound lebih dikenal sebagai alat pemeriksaan daripada sebagai alat terapi.

Keberhasilan penggunaan teknologi ultrasound sebagai alat terapi bergantung pada kemampuannya untuk merangsang jaringan yang ada di bawah kulit dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi, mulai dari 800.000 Hz – 2.000.000 Hz.

Siapa yang perlu menjalani terapi ultrasound

Sasaran tepat dan umum yang menggunakan terapi ultrasound adalah orang yang memiliki masalah dan gangguan pada muskuloskeletal. Gangguan muskuloskeletal adalah suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang. Sistem muskuloskeletal Anda melibatkan struktur yang mendukung anggota badan, leher dan punggung. Namun, tidak jarang terapi ultrasound juga sering dipakai untuk proses pemulihan maupun perawatan penyakit serius dan kronis seperti Kanker.

Hasil yang diharapkan dari terapi Ultrasound

Terapi ultrasound menghasilkan gelombang yang masuk ke dalam jaringan maka akan timbul efek biologis. Gelombang ultrasound diserap oleh jaringan dalam berbagai ukuran bergantung pada frekuensi. Bila frekuensi rendah maka penyerapannya juga rendah, begitu juga dengan frekuensi tinggi maka penyerapannya juga akan tinggi.

Jadi gelombang ultrasound akan bergantung pada frekuensi, penyerapan dan kedalaman efek gelombang suara dari ultrasound. Terdapat dua efek pada terapi ultrasound ini yaitu efek termal atau pemanasan jaringan baik jaringan dalam maupuan permukaan. Berikutnya adalah efek mekanis seperti efek pijat (massage) yang dapat memengaruhi proses pemulihan atuu regenerasi jaringan. Terapi Ultrasound ini memiliki beberapa efek biologis antara lain membantu:

  • Memperbaiki atau meningkatkan sirkulasi darah
  • Relaksasi otot akibat perbaikan sirkulasi darah sehingga otot lebih relaks.
  • Mempercepat proses penyembuhan jaringan
  • Mengurangi atau meredakan nyeri

Ikatan Fisioterapi Indonesia

Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) didirikan di Surakarta pada tanggal 10 Juni 1968. IFI adalah satu-satunya organisasi profesi fisioterapi di Indonesia yang memiliki visi dan misi untuk membimbing, membina, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, kegiatan dan kepentingan anggotanya.

Organisasi ini bersifat bebas dan tidak terikat dari politik negara. IFI juga merupakan wadah pengembangan profesi dan komunikasi dengan pemerintah dan pihak lain yang terkait, mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan, pendidikan profesi, pelayanan fisioterapi, peraturan fisioterapi dan pengabdian kepada masyarakat.

Klinik Fisioterapi yang direkomendasikan

Jika anda memerlukan Fisioterapi, anda dapat mengunjungi klinik Fisioterapi Jakarta Selatan yang ditangani oleh fisioterapis yang berpengalaman.
Dari berbagai Klinik fisioterapi di Jakarta, Klinik Silverywellness adalah klinik Fisioterapi yang kami rekomendasikan. Klinik Fisioterapi di Jakarta Selatan ini memiliki fisioterapis yang terpercaya dan ahli di bidangnya. Selain itu Klinik Fisioterapi di Jakarta ini juga tidak membatasi usia, dari anak-anak hingga Lansia dapat ditangani dengan baik oleh terapis yang handal. Klinik ini juga telah dilengkapi fasilitas untuk terapi ultrasound.

Silverywellness

Saat ini telah banyak Klinik fisoterapi di Jakarta yang menyediakan berbagai program pelatihan untuk terapi. Jika anda mengalami masalah pada tubuh anda, salah satu Klinik fisioterapi di Jakarta yang kami rekomendasikan adalah klinik Silvery wellness & Health centre.
Klinik ini berada di Kemang, Jakarta selatan. Klinik ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan alat terapi, dan fisioterapis yang sudah ahli dan kompeten di bidangnya.

Dan Klinik Fisioterapi di Jakarta Selatan Silverywellness & Health Centre juga memiliki beberapa sarana dan fasilitas seperti: Ruang Assessment, Ruang Tindakan, Kamar Mandi, Ruang Gym (exercise) dan Kolam Renang untuk terapi. Dilengkapi pula dengan Parkir yang Luas, Ruang Tunggu yang nyaman, Pantry & Dapur, dan berada di Lokasi yang Strategis.

Tentunya semuanya telah memenuhi dan sesuai standart pelayanan kesehatan yang berlaku. Klinik Fisioterapi di Jakarta Selatan ini juga menyediakan pelayanan untuk mengatasi keluhan cedera akibat olah raga seperti cedera ankle, lutut, bahu, maupun keluhan lainya. Tidak hanya itu, Klinik ini juga dapat menangani cedera fisik akibat kecelakaan.

Fisioterapi terbaik Jakarta Selatan

Berbagai pelayanan Fisioterapi Jakarta Selatan Silverywellness di tangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, beberapa pelayanan tersebut diantaranya adalah :

Pemeriksaan khusus Fisioterapi : Pelayanan yang dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik yang komprehensif untuk mengetahui kondisi seseorang terkait kesehatan gerak dan fungsi tubuhnya.

Fisioterapi Muskulo Skeletal : Pelayanan Fisioterapi yang dikhususkan untuk jaringan otot,  tendon, tulang dan sendi serta jaringan lunak lainnya yang mengalami peradangan dan nyeri akibat adanya proses degenerasi (pengapuran), cedera (salah gerak), trauma, reumatik dan ketidak seimbangan otot.

Fisioterapi Neuro Muscular : Pelayanan Fisioterapi yang dikhususkan untuk menangani gangguan gerak tubuh akibat adanya kelemahanan otot, nyeri yang menjalar, rasa kesemutan, baal ditangan dan kaki dan mulut menceng (Bells Palsy), Mild Cognitive Impairment (MCI).

Post-Orthopedic Surgery Program : program pelayanan Fisioterapi bagi pasien setelah menjalani operasi orthopedi. Tindakan Fisioterapi ditentukan sesuai dengan kebutuhan pasien dan mendukung program terapis untuk mengembalikan gerak dan fungsi tubuh.

Post Stroke Program : ditujukan kepada penderita paska stroke (lumpuh separuh badan) untuk mendapatkan kembali gerak fungsi tubuhnya dan kemampuan untuk kembali bisa bergerak.

Sport Physiotherapy Programs (Performance & Injuries) : Program pemeriksaan menyeluruh terhadap atlit baik yang professional maupun yang amatir yang bertujuan untuk menilai kesiapan fisik sebelum melakukan kegiatan olah raga. Memperbaki performa saat berolah raga ataupun melakukan pemeriksaan yang komprehensif ketika terjadi cedera akibat olahraga.

Women Health Programs : Adalah Pelayanan yang di khususkan kepada para wanita yang telah melahirkan yang memiliki masalah dengan kelemahan otot-otot dasar panggul, otot-otot vagina, nyeri dasar panggul, nyeri pinggang bawah dan incontinency.​

Terapi Ultrasound lebih banyak digunakan untuk cedera muskuloskeletal

Bentuk pelayanan terapi Ultrasound biasa ditujukan kepada individu maupun kelompok yang mengalami gangguan fungsi otot, tulang, dan sendi (muskuloskeletal) seperti stroke, nyeri otot, tulang dan sendi.

Gangguan otot, tulang, dan sendi (muskuloskeletal) meliputi hampir 80% dari masalah yang terdapat pada cabang ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi. Sejalan dengan prinsip bidang ini, pencegahan, diagnosis, terapi, dan tata laksana seorang penderita gangguan sistem muskuloskeletal pun dapat dilakukan secara berlanjut oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Nyeri tersebut bisa disebabkan karena penyakit, cedera atau kecelakaan, setelah operasi, atau bahkan akibat kebiasaan atau postur tubuh yang buruk. Akibatnya, kualitas hidup penderitanya dapat memburuk karena biasa melakukan pergerakan atau aktivitas menjadi terbatas karena terhambat nyeri.

Beberapa Cedera Muskuloskeletal meliputi :

Plantar Fascitis (Peradangan pada fascia plantar di tumit)

Fasciitis plantaris merupakan suatu kondisi yang di sebabkan oleh peradangan pada aponeurosis plantar dan merupakan penyebab umum dari nyeri tumit. Faktor resiko terjadinya fasciitis plantaris meliputi usia, obesitas, kelainan biomekanik kaki dan terkait pekerjaan tertentu atau kegiatan rekreasi seperti olahraga. Untuk jenis cedera ini dapat dilakukan terapi ultrasound sebagai modalitas pemulihannya.

Siku Tenis

Siku tangan adalah bagian dari tangan yang selalu membantu manusia dalam beraktivitas. Hal ini menyebabkan siku tangan rentan mengalami pegal atau terasa sakit, baik akibat cedera, gerakan berulang, aktivitas yang berlebihan, atau penyakit.

Salah satu penyakit yang menyebabkan siku tangan terasa sakit adalah tennis elbow, yaitu kondisi menyakitkan pada siku karena kerusakan otot dan tendon di area siku. Tennis elbow / Siku Tenis dapat dipulihkan dengan melakukan terapi ultrasound.

Nyeri pada bagian bawah punggung

Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian bawah punggung diantaranya adalah :

  • Kekakuan pada otot bagian punggung
  • Adanya kerusakan pada celah sending tulang belakang
  • Terjadinya peradangan pada sendi (Arthritis)
  • Adanya kelainan bentuk dan terjadi pengeroposan tulang belakang
  • Adanya gangguan pada saraf tulang belakang.
  • Terindikasi adanya batu ginjal.

Nyeri pada bagian bawah punggung juga dapat diatasi dengan terapi ultrasound.

Penyakit Temporomandibular

Gangguan sendi atau penyakit temporomandibular adalah masalah atau rasa nyeri yang terjadi pada rahang dan otot-otot wajah yang mengendalikan gerakan rahang. Kondisi ini biasanya juga dikenal sebagai temporomandibular disorders (TMD). Ini dapat menyebabkan nyeri tumpul di dekat telinga, memicu sakit kepala, atau bahkan menyebabkan leher kaku.

Salah satu metode pengobatan untuk mengatasi gangguan sendi temporomandibular adalah dengan melakukan terapi ultrasound. Dengan melakukan terapi ultrasound dapat membantu pasien untuk mengurangi rasa nyeri yang dideritanya,

Otot yang tegang

Seringnya terjadi kram atau terjadi penegangan pada otot di bagian tertentu, tentunya sangat mengganggu setiap orang yang mengalaminya. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas yang memaksa kinerja otot pada tubuh.

Ketika hal ini terus berlanjut dan tidak membaik setelah dilakukan tindakan-tindakan awal. maka disarankan untuk melakukan fisioterapi dan melakukan terapi ultrasound untuk mengembalikan fungsi otot seperti sebelumnya.

Tendonitis (Peradangan Tendon)

Penyebab dari tendinitis biasanya adalah gerakan berulang yang dilakukan saat menjalani aktivitas sehari-hari dan terjadi peradangan pada tendon. Sebagian besar orang mengalami gangguan sistem gerak manusia ini, karena menjalani hobi yang melibatkan gerakan berulang, sehingga tendon mengalami stress.

Seseorang yang mengalami tendinitis akan merasakan gejala berupa rasa nyeri, terutama ketika menggerakan bagian sendi yang terserang. Dapat pula timbul pembengkakan ringan dan rasa nyeri bila ditekan. Hal ini dapat di tanggulangi sendiri dirumah dengan bantuan orang lain maupun sendiri.

Namun apabila tidak membaik, sangat disarankan untuk mendatangi klinik fisioterapi dan melakukan terapi ultrasound. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Cara Kerja Terapi Ultrasound

Terapi ultrasound memiliki banyak tingkat, tergantung pada frekuensi dan intensitas dari suara yang digunakan. Tingkat keragaman yang tinggi ini sangat menguntungkan untuk alat terapeutik karena terapis dapat menyesuaikan intensitas terapi ultrasound agar sesuai dengan penyakit yang ditangani.

Namun pada dasarnya terapi ultrasound bekerja dengan menggunakan gelombang suara yang ketika dipancarkan pada bagian tertentu tubuh dapat meningkatkan suhu dari jaringan tubuh yang rusak.

Untuk pengobatan muskuloskeletal, terapi ultrasound bekerja dengan tiga cara:

  • Mempercepat proses penyembuhan dengan memperlancar aliran darah di bagian tubuh yang mengalami gangguan.
  • Menyembuhkan peradangan dan edema (penimbunan cairan), sehingga dapat mengurangi rasa sakit.
  •  Memperlunak jaringan luka

Untuk mendapatkan manfaat dari terapi ini, terapi ultrasound harus dipancarkan pada kulit dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan dengan menggunakan transduser atau alat yang dirancang khusus untuk terapi ini. Saat gelombang suara telah dipancarkan, gelombang tersebut akan diserap oleh jaringan halus tubuh, seperti ligamen, tendon, dan fascia.

Persiapan Fisioterapi

sebelum mekanisme fisioterapi dimulai, dokter seorang pakar kedokteran fisik pertama-tama akan melakukan inspeksi & evaluasi kondisi pasien untuk menentukan program terapi yg akan dilakukan. pasien dianjurkan untuk mendiskusikan kepada dokter mengenai tujuan, keuntungan, risiko, & hasil akhir yang dibutuhkan program sebelum fisioterapi dilakukan.

Pelaksanaan Fisioterapi

Jumlah sesi yg dilakukan tergantung dalam perencanaan program dan teknik fisioterapi yg digunakan. Namun, secara umum fisioterapi berlangsung selama 30-60 mnt per sesi. frekuensi dan durasi fisioterapi dapat berubah, disesuaikan dengan hasil fisioterapi terakhir.

Terapi Manual

Terapi ini pelaksanaannya menggunakan tangan fisioterapis buat membantu menggerakkan, memijat, & memanipulasi jaringan tubuh yg terganggu. manfaat terapi ini yaitu menaikkan rentang gerak tubuh, melancarkan aliran darah, mengatasi nyeri, dan memberikan sensasi relaksasi pada tubuh.

Latihan Dan Pergerakan

pendekatan ini memakai alat bantu (misalnya tongkat) atau dilakukan di dalam air (hidroterapi). Seorang terapis akan membantu aplikasi sesi fisioterapi dan mengajarkan pasien gerakan latihan yg sanggup dilakukan dirumah. Kemudian pasien dapat melakukan gerakan yang diajarkan secara rutin, tetapi pastikan gerakan ini dilakukan secara kondusif dan dalam pengawasan.

Edukasi dan Saran

pendekatan ini berupa pengenalan dan edukasi tentang gaya hidup sehat (misalnya menjaga berat badan ideal & olahraga teratur), dan pemberian saran tentang posisi tubuh yg tepat dalam beraktivitas guna mengurangi risiko cedera & nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.